Senin, 01 April 2013

Jam'iyyah Huffadz al-Quran (JHQ)

Tahfidzul Qur’an di PPNU-Pi diasuh oleh Ibu Nyai Hj. Barokah Nawawi. Program ini berada di bawah naungan Badan Semi Otonom (BSO) Jam’iyyah Huffadz al-Qur’an (JHQ). Santri-santri JHQ mahasiswa dan takhasus dikelompokkan dalam satu komplek yaitu komplek Aisyah. Hal ini dilakukan demi terciptanya lingkungan yang kondusif untuk menghafalkan al-Qur’an. Sedangkan untuk santri-santri JQH pelajar dikelompokkan dalam satu kamar yang berada dalam komplek pelajar. Ada beberapa metode yang digunakan dalam menghafalkan al-Qur’an:

1) Unda’an

Unda’an merupakan kegiatan menambah hafalan yang disetorkan langsung kepada Ibu Nyai Hj. Barokah Nawawi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin-Kamis serta hari Sabtu. Unda’an dilaksanakan pada pagi hari yaitu jam 06.30. Unda’an yang disetorkan minimal satu halaman al-Qur’an pojok.

2) Deresan

Deresan merupakan kegiatan untuk memperlancar hafalan yang sudah disetorkan secara langsung kepada Ibu Nyai dengan maqro ¼ juz. Deresan dilaksanakan bersamaan dengan unda’an.

3) Glundungan

Glundungan merupakan kegiatan untuk mengulang kembali hafalan yang sudah disetorkan secara langsung kepada Ibu Nyai dengan maqro’ 1 Juz. Glundungan wajib dilaksanakan sebelum santri melanjutkan hafalan menuju juz selanjutnya,

4) Ujian 3 Juz

Ujian 3 Juz merupakan kegiatan untuk mengulang kembali hafalan yang sudah disetorkan secara langsung kepada Ibu Nyai dengan maqro’ 3 Juz.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Posting Komentar