Jumat, 07 November 2014

Program Pendidikan

1. Program Pokok
a. Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri
Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri (MDNU-Pi) merupakan lembaga semi otonom di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. MDNU-Pi adalah sebuah lembaga pendidikan formal yang mempunyai tugas besar di dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh. Di dalamnya berperan aktif unsur-unsur terkait yang mengoptimalkan segala kemampuan demi terwujudnya tujuan diadakannya MDNU-Pi. MDNU-Pi menyelenggarakan pendidikan berjenjang dan Forum Kajian A’la (FKA). Adapun jenjang pendidikannya adalah sebagai berikut:
1) Kelas I’dad
Target pendidikan adalah mempersiapkan siswi-siswi MDNU Pi yang masih belum menguasai kemampuan dasar baca tulis arab.
2) Marhalah Ula terdiri dari 1 kelas
Target Pendidikan adalah membentuk lulusan yang mampu membaca dan menulis Arab serta mengenal nilai-nilai dasar keislaman.
3) Marhalah Tsaniyah terdiri dari 3 kelas
Target Pendidikan adalah membentuk lulusan yang mampu menguasai gramatika dan cara penerapannya serta memahami isi kitab-kitab dasar keislaman.
4) Marhalah Tsalitsah terdiri dari 3 kelas
Targer Pendidikan adalah memebentuk lulusan yang terampil membaca kitab-kitab dasar keislaman dan memahami isinya serta mampu mengembangkannya.
5) Forum Kajian A’la (FKA)
Forum ini merupakan program pasca madrasah diniyah. Forum ini dibimbing langsung oleh Para Pengasuh PPNU. Kitab yang saat ini dikaji adalah Kitab Zubdatul Itqan yang diampu oleh KH. Agus Muslim Nawawi, serta Kitab Mudzakarot yang diampu oleh KH. Ahmad Zabidi.
Dengan demikian MDNU-Pi terdiri dari 8 kelas. Kegiatan-kegiatan MDNU-Pi secara umum terdiri dari 2 jenis kegiatan yaitu kegiatan Intra kurikuler dan kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan intra kurikuler merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh siswi MDNU tanpa kecuali dan dilaksanakan setiap hari kecuali hari kamis (Malam Jum.at) pada jam 18.30 -20.00 kecuali hari Minggu yang dilaksanakan pada pukul 06.00-07.00. Sedangkan kegitan ekstra kurikuler adalah kegiatan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam kegiatan intra yang meliputi musyawaroh, takror , dan sorogan.
b. Tahfidz al Quran
Kegiatan yang diasuh oleh Ibu Nyai Hj. Barokah Nawawi ini diikuti oleh santri yang menetap dalam satu komplek (Komplek Aisyah) Adapun metode yang dipakai yaitu :
1) Unda’an : Santri maju untuk menambah hafalannya secara langsung kepada Ibu nyai yaitu pada jam 05.30 - selesai
2) Deresan : untuk memperlancar hafalan yang sudah diajukan diadakan pengulangan secara langsung dengan Ibu Nyai dengan maqro ¼ juz dan ½ Juz , dilaksanakan bersamaan dengan unda’an.
3) Halaqoh Tahfidziyah : dilaksanakan pada hari minggu pagi, seminggu sekali dengan berkelompok yang dipandu oleh seorang pembimbing. Disamping kegiatan dI atas untuk lebih menunjang hafalan diadakan semaan mingguan dengan maqro’ 3 juz, serta semaan al Qur’an 30 Juz 3 kali dalam setiap tahunnya.
c. Pengajian al Quran
Pengajian al Quran di PPNU Pi berupa sorogan al Quran bin nadzor, yaitu membaca al Quran dengan cara membaca sambil melihat kitab al Quran. Pengajian ini terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu tingkat permulaan dan tingkat lanjutan.
Tingkat permulaan diikuti oleh santri yang masih belum mampu membaca al quran dengan fasih dan sesuai kaidah tajwid. Tingkat ini secara intensif dibimbing oleh beberapa ustadzah yang telah ditunjuk oleh Ibu Nyai.
Tingkat Lanjutan diikuti oleh santri yang telah memenuhi target kenaikan tingkat. Tingkat lanjutan dibimbing oleh Ibu Nyai Hj. Barokah. Syarat mengikuti tingkat lanjutan adalah seorang santri harus terlebih dahulu menghafal Juz ‘Amma dan surat-surat penting (Yasin, al Kahfi, al Jumuah, al Waqi’ah, al Mulk dan al Rohman)
d. Kajian Kitab
Kajian Kitab di PPNU Pi dibagi menjadi 3 kelas, sebagai berikut :
1) Kelas Marhalah 3 MDNU, mengkaji kitab Minhaj at-Tholibin (Fiqh), Shohih Bukhori (Hadis), Dahlan Alfiyah (Nahwu), dan Rahiq al-Wardah bi Syarh al-Burdah, Kifayatul Atqiya’ (Akhlak Tasawuf)
2) Kelas Mahasiswa non Marhalah 3, mengkaji kitab Risalatu Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah, Riyadus Sholihin (Hadis), dan Irsyadul ‘Ibad
3) Kelas Pelajar non Marhalah 3, mengkaji kitab Wasoya, dan Ayyuha al-Walad (Akhlak), Usyfuriyah, Afatul Lisan.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Posting Komentar